Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Wuling Confero S, Kesimpulan Setelah Perjalanan 200 km ++ (Bagian 2)

Review

Test Drive Wuling Confero S, Kesimpulan Setelah Perjalanan 200 km ++ (Bagian 2)

DENPASAR - Wuling Confero S memberi beragam kejutan pada sisi pengendaraan dan pengendalian, intinya Anda harus coba dulu sebelum mengomentarinya apalagi mencelanya.

Setelah puas merasakan kenyamanan sebagai penumpang baris kedua dan ketiga, kini saatnya Mobil123.com berperan sebagai pengemudi dan penumpang depan. Leganya ruang kabin kembali menjadi isu pertama plus lingkar kemudi yang bisa diatur tinggi-rendah, nyaris tanpa kesulitan berarti untuk menemukan posisi mengemudi terbaik dan tanpa mengganggu penumpang lain khususnya di baris kedua.

Setelah berada di balik kemudi, pandangan mata selanjutnya bergerak menuju dashboard berikut fitur-fitur yang ada. Secara umum, desainnya tak jauh berbeda dengan para kompetitornya, Mobil123.com senang dengan menyebutnya user friendly, karena praktis semua orang tak perlu berlama untuk beradaptasi.      


Wuling Confero S tipe tertinggi dilengkapi dengan headunit 8 inci touch screen yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Sistem audio ini bisa dikontrol melalui tombol pada stir berikut pengoperasian telepon. Persis di bawahnya terdapat lingkaran pengaturan AC plus ventilasi dengan model cukup modern, sementara pada bagian atas terdapat jam analog. Tak ketinggalan terdapat pula socket 12V plus slot port USB dan HDMI. Anda butuh kabel jika ingin melakukan mirroring ke smartphone.

Begitu mesin on, pandangan mata langsung tertuju pada spedometer dan layar MID dengan ragam informasi yang tidak dimiliki para kompetitornya. Seperti TPMS (Tyre Pressure Monitoring System) untuk memantau tekanan angin pada ban.

Dan perjalanan pun dimulai.

Menurut Mobil123,com, respon mesin milik Wuling Confero S tergolong moderat. Dengan 1.5 liter 106.8 hp pada 5.800 rpm dengan torsi puncak 142 Nm yang hadir pada rentang putaran 3.800-4.400 rpm plus transmisi manual 5-speed memiliki karakter tepat untuk ragam kondisi jalan di Indonesia. 

Perpindahan gigi dari transmisi manual Wuling Confero S tergolong smooth dengan pedal kopling yang terasa ringan. Hal ini cukup menghibur saat ruas jalan padat. Dan seperti layaknya mobil dengan transmisi manual, Anda wajib menjaga momentum agar dapat melibas beragam kondisi jalan. Bila dianalogikan Anda akan menemukan feeling berkendara yang tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza, ini salah satunya ditengarai dengan kerapatan ratio gear yang nyaris sama.


Wuling Confero S memiliki setting suspensi medium yang merupakan toleransi terbaik untuk kendaraan kelas MPV. Intinya, dengan ini maka kenyamanan dapat terakomodir baik plus masih mantap untuk melakukan manuver. 

Di awal perjalanan, Mobil123.com merasakan adanya bantingan yang agak keras. Usut punya usut, pada TMPS tercatat tekanan ban terlalu tinggi, yakni mencapi 2.8 bar (40.6 psi) pada bagian belakang. Setelah menurunkan tekanan menjadi 2.3 (33.3 psi) laju mobil menjadi lebih baik berikut dengan kenyamananya. 

Baca juga : Test Drive Wuling Confero S di Bali

Wuling Confero memiliki sistem gerak roda belakang dan ground clearence mencapai 205 mm. Ini tentu dapat menghadirkan beragam kelebihan, mulai dari tetap bisa bergerak mantap saat muatan maksimal dan juga aman jika harus melewati jalan berlubang atau rusak.

Saat melewati jalan-jalan seputar Ubud plus padatnya kota Bali dan sekitarnya, Wuling Confero S dapat bermanuver dengan baik. Gejala negatif pengendaraan seperti body roll nyaris tak membuat masalah. 

Malahan dengan gerak roda belakang, Mobil123.com sesekali bermain untuk merasakan goyangan body bagian belakang atau mengontrol oversteer, terutama saat masuk di jalan berpasir yang ditemui saat menuju pantai Sarangan, Bali. Unjuk kerja rem cakram di 4 roda plusABS dan EBD juga tergolong baik. 

Tak lupa, untuk urusan keselamatan, Wuling Confero S sudah dilengkapi dengan 2 airbag di bagian depan, sensor parkir 4 titik di belakang, 2 titik di depan dan Auto Unlock Collision yang bekerja otomatis membuka semua kunci pintu ketika terjadi tabrakan.


Fitur lain yang tak kalah menarik adalah leveling headlamp, membuka kaca jendela depan dan belakang melalui remote dari kunci dan follow mer home. Fitur tak lain yang juga dimiliki beberapa mobil merk lain yakni lampu depan dapat menyala selama 30 detik setelah mesin dimatikan untuk memberikan penerangan saat parkir dalam keadaan gelap seperti garasi mobil pada malam hari.

Konklusi Mobil123.com setelah melakukan ujicoba secara keseluruhan menilai Wuling Confero S memiliki keunggulan di luar ekspekatasi. Anda serta keluarga tentunya akan merasakan sensansi berkendara yang menyenangkan, dan sepertinya banyak yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya. Sayang dalam kesempatan ini tidak diukur konsumsi bbm dan Wuling Confero S belum dilengkapi catatan kosumsi BBM  di MID. WMI sendiri mengklaim bahwa model pertama yang mereka jual di Indonesia ini memiliki konsumsi BBM 14 km/liter.

Intinya harus mencoba terlebih dahulu untuk menghilangkan stigma dari Wuling Confero S yang notabene-nya berasal dari China. Mobil123.com termasuk yang trauma dengan kondisi mobil asal China sebelumnya, namun sejenak sirna setelah 3 hari berkendara dengan jarak tempuh lebih dari 200 km dengan kondisi jalan yang cukup beragam.

Rasanya mungkin mirip saat beralih ke smartphone lansiran China yang punya kualitas dan fitur beragam namun memiliki harga jauh lebih murah dibanding produk asal Korea ataupun Amerika Serikat.

Akhirnya Mobil123.com melayangkan acungan jempol untuk MPV murah China ini dari beragam sisi. Terutama ulusan value for money yang sejauh ini sangat menguntungkan konsumen. Namun di balik itu semua masih ada pertanyaan besar yang mengganjal dan juga menjadi trauma para konsumen otomotif Indonesia prihal durability dan juga layanan aftersales service.

Hal di atas akan diulas diartikel berikutnya, Test Drive Wuling Confero S, Kesimpulan Setelah Perjalanan 200 km ++ (Bagian 3-Terakhir). [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Editor

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang