Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Otak Tidak Didesain untuk Melakukan 2 Pekerjaan Sekaligus

Berita Otomotif

Otak Tidak Didesain untuk Melakukan 2 Pekerjaan Sekaligus

DUBAI – Banyak orang masih berpikir bahwa mereka bisa melakukan dua kegiatan sekaligus dalam satu waktu. Padahal penelitian psikologis membuktikan bahwa otak dirancang untuk melakukan multitask, apalagi saat mengemudi.

Menurut Ford, ketika otak diberi pekerjaan terlalu banyak secara simultan, sebenarnya otak melakukan tugas masing-masing tugas lebih lambat. Jadi, misalnya, sementara banyak orang mungkin berpikir bahwa mereka dapat berbicara dengan aman di telepon dan masih berkonsentrasi di jalan, padahal para ahli mengatakan sebaliknya.

Ketika pengemudi terganggu atau mengalami masalah mental, hal itu dapat menimbulkan konsekuensi bencana. Setiap tahun, menurut WHO, lebih dari 1,25 juta orang meninggal akibat tabrakan lalu lintas, dan studi menunjukkan bahwa 94 persen kecelakaan disebabkan oleh kesalahan pengemudi.

Para ahli telah mengidentifikasi empat kategori utama gangguan pengemudi yang dapat mengalihkan perhatian otak dari jalan dan sering menyebabkan kecelakaan serius:

  1. Visual - apapun yang menyebabkan pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan, seperti memeriksa telepon atau merias wajah (make-up)
  2. Auditori - suara yang terlalu keras, seperti berbicara di telepon atau mendengarkan musik, sirene darurat
  3. Manual - apapun yang menyebabkan pengemudi mengangkat satu atau lebih tangan dari kemudi, seperti makan atau minum
  4. Kognitif - Konsentrasi berkurang karena hal-hal seperti kelelahan, dalam masa pengobatan atau gangguan sehari-hari lainnya. [Idr]

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang