Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

MPV Rear-Wheel Drive Jago Hadapi Berbagai Medan

Berita Otomotif

MPV Rear-Wheel Drive Jago Hadapi Berbagai Medan

Jakarta – Di tengah masyarakat masih sering muncul pertanyaan “lebih baik membeli mobil keluarga (MPV = multipurpose vehicle) dengan sistem rear-wheel drive (gerak roda-belakang) atau front-wheel drive (gerak roda-depan)”.

“Mobil-mobil keluarga seperti Avanza, Veloz, dan Kijang Innova yang memang dirancang sebagai kendaraan multifungsi dan untuk bepergian kemana saja biasanya dibekali sistem gerak roda belakang (rear-wheel drive = RWD). Saat bepergian jauh ke luar kota, RWD lebih siap menghadapi medan-medan yang tidak terduga seperti tanjakan, lintasan licin atau non-aspal,” kata Iwan Abdurahman, workshop department head, PT Toyota-Astra Motor.

Lebih lanjut dia menjelaskan ketika mobil berakselerasi di jalan datar, body mobil cenderung mendongak ke atas di bagian depan. Pada kondisi ini, mobil RWD lebih diuntungkan karena dua roda belakang cenderung semakin ditekan ke jalan menambah daya cengkram ban ke jalan dan distribusi tenaga dari mesin menjadi tenaga gerak lebih baik.

Nah, saat berakselerasi di lintasan menanjak atau licin atau non-aspal, mobil RWD semakin bagus daya cengkeramannya ketika semakin ditekan yang mengakibatkan potensi slip karena kurangnya daya cengkeram roda penggerak semakin berkurang. Penyaluran tenaga dari mesin menjadi tenaga gerak pada mobil RWD akan menjadi lebih baik.

Dengan beberapa keunggulan atau keuntungan di atas, maka ketika Anda akan membeli mobil keluarga jenis MPV lebih baik pilih yang berpenggerak roda belakang (RWD). [M123]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang