Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Impresi Test Ala Kadarnya dari Ban Goodyear EfficientGrip Performance SUV

Berita Otomotif

Impresi Test Ala Kadarnya dari Ban Goodyear EfficientGrip Performance SUV

BOGOR - Komunitas bernama SUV Brotherhood, jurnalis dan blogger, berkesempatan untuk mencoba performa Goodyear EfficientGrip Performance SUV di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Sayang dalam kondisi yang seadanya, ujicoba tidak bisa maksimal terlebih dilakukan di public area dengan space terbatas, minim pengamanan dan tanpa alat ukur. 

PT Goodyear Indonesia mengadakan Tire Trial Tour, guna membuktikan kemampuan produk terbarunya yakni EfficientGrip Performance SUV. Ban yang didesain untuk mobil jenis tersebut, dikatakan memiliki keunggulan di medan basah serta memberikan rasa nyaman dalam kendaraan. Produk baru ini diklaim mampu membuat pelanggan setianya mengendarai SUV dengan rasa sedan.

"Melalui touring ini, Goodyear Indonesia mengajak kawan-kawan untuk merasakan pengalaman saat mengendarai SUV dengan menggunakan produk terbaru kami. Goodyear EfficientGrip Performance SUV telah dilengkapi teknologi QuietTred dan FlexContact yang mampu mengurangi tingkat kebisingan, dan aman berkendara di jalan basah," ujar Arfianti Puspitarini, Manajer Produk Goodyear Indonesia.

Baca juga : Goodyear Kenalkan Program Worry Free Assurance

Dalam acara ini turut pula hadir Bebin Djuana selaku pencinta otomotif senior. Dirinya mengatakan ban baru dari Goodyear menunjukkan kelasnya di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Menurutnya Bogor yang merupakan kota hujan menjadi tempat tepat guna menguji kemampuan ban.

"Goodyear sendiri memang sangat unggul dalam jalan yang basah. Makanya kita tadi bisa membuktikan di medan basah, manuver dari kendaraan sangat stabil sehingga memberikan rasa aman ketika melakukan perjalanan," ungkap Bebin.

Acara Goodyear Tire Trial Tour ini terbagi dalam dua sesi. Melalui sembilan mobil yang terdiri dari merek Chevrolet Captiva, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Nissan X-Trail milik komunitas SUV Brotherhood, ban rakitan Thailand tersebut membuktikan kemampuannya dalam hal pengereman, daya cengkeram dan tingkat kebisingan.

Para peserta sepakat menilai produk terbaru Goodyear ini memuaskan. Terutama pada kondisi jalanan basah, ban ini mampu menunjukkan kelasnya. Perjalanan melintasi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat juga menjadi saksi keandalan ban.

"Untuk produk baru yang memang di desain untuk SUV, kemampuannya cukup oke. Daya cengkeramnya bagus dan ngga berisik dari dalam maupun luar kabin. Kita jadi pede bawa mobilnya karena ban bagus gini," ungkap Om Tedy yang menggunakan Nissan X-Trail.

Sementara para jurnalis diberi kesempatan untuk melakukan slalom dan pengereman pada jalan basah, dengan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport dan Chevrolet Captiva yang keduanya bermesin diesel.

Dalam kecepatan rendah (di bawah 40 km/jam), ban Goodyear EfficientGrip Performance SUV bisa bekerja dengan baik. Terbukti dalam feeling berkendara atau kesimpulan subyektif pengendara, pengendalian kendaraan berbodi besar boleh dibilang cukup stabil saat melakukan manuver sederhana.

Sayang pengujian tidak bisa dilakukan secara maksimal karena arena pengujian yang seadanya. Ini karena area yang digunakan terlalu sempit dan merupakan public space tepatnya di daerah pintu masuk Gunung Mas Puncak yang saat itu cukup banyak kendaraan umum berlalu lalang. 

Pengujian ini bisa sangat berisiko, terlebih saat uji pengereman dengan permukaan jalan yang sengaja dibasahkan. Dalam satu kesempatan ketika sedang melakukan pengujian, tiba-tiba masuk sebuah motor ke arena uji dan kemudian pengujian terpaksa diulang. Selain itu, tidak adanya alat ukur juga menjadi kekurangan sesi tes tersebut membuat hasil test hanya sekedar pandangan subyektif pengendara saja tanpa penilaian objektif yang terukur. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang